Menggenerate Getter dan Setter dengan Bantuan Eclipse IDE

Bagi para programmer java tentunya kenal yang namanya getter dan setter. Getter dan Setter merupakan fungsi/method yang digunakan untuk mengakses properti (variabel) suatu Class yang terenkapsulasi (bermodifier private). Penggunaan Getter Setter ini umumnya pada saat membuat entitas yang akan melakukan mapping objek dari hasil query database ke entitas yang mempermudah pengaksesan nantinya.

Untuk membuat satu, dua Getter Setter dari suatu property mungkin bisa dilakukan dengan cepat, tapi bagaimana jika yang dihadapi adalah Class dengan property yang banyak, dan tipe data property tersebut bervariasi. Misal, seperti berikut:


public class People {
private int id;
private String full_name;
private String nick_name;
private int sex;
private Boolean is_married;
private String address;
private String email;
private String phone_number;
private ArrayList interest;

}

Bagi programmer yang menggunakan tools IDE Eclipse, masalah di atas dapat dengan sangat mudah diatasi. Programmer tidak perlu menuliskan satu per satu baris code untuk membuat getter dan setternya, cukup dengan melakukan langkah berikut:

Klik Source->Generate Getters and Setters. Kemudian akan muncul dialog option, lalu tinggal pilih property mana yang akan di-generate getter dan setternya. Kita juga dapat mengatur pilihan access modifier untuk getter dan setter tersebut. Selesai. Mudah bukan?

Leave a comment